Ho Chi Minh City: The New Saigon

 Highlights: Ada begitu banyak pilihan makanan yang dapat anda coba dikota ini, namun tidak semua makanan halal. Jika anda hanya dapat makan makanan halal, cobalah bertanya terlebih dahulu kepada penjualnya, namun yang terpenting jangan lewatkan pho kedai syamsudin yang nikmat dan pasti halal.

Pecinta kopi harus mencoba kopi Vietnam yang disajikan unik dengan saringan diatas gelasnya.

Tips: Mata Uang Vietnam Dong (VND) tidak diperjualbelikan secara umum di banyak negara, namun jangan khawatir karena banyak tempat di Ho Chi Minh City yang menerima US Dollar. Jika anda membutuhkan dong anda dapat menukar uang anda secukupnya di bandara Tan Son Nhat, HCMC dengan rate yang cukup bersahabat.

Ho Chi Minh City dahulu lebih dikenal dengan nama Saigon namun sejak tahun 1976 kota ini bergabung dengan propinsi Gia Dinh dan menjadi kota terbesar di Vietnam dengan nama yang kita kenal sekarang.

Jangan kaget jika anda menemukan kabel-kabel listrik yang berjarak dekat sekali dengan kepala anda saat anda menjejakkan kaki dikota ini. Ya, HCMC memang memiliki kabel-kabel listrik yang berjubel dan menjuntai disana-sini di hampir setiap sudut kota. Bukan itu saja, kota ini juga memiliki ratusan sepeda motor. Perbedaan yang paling mencolok dengan kota Jakarta adalah anda tidak perlu terlalu takut menyebrang disini karena rata-rata pengendara sepeda motor tidak mengebut. Hanya saja anda perlu untuk tetap berhati-hati.

HCMC terkenal dengan wisata sejarahnya. Museum yang patut dikunjungi adalah War Remnant Museum dan tentu saja The Famous Chu Chi Tunnel, dimana anda akan diajak menapak tilasi keadaan semasa perang, bagaimana penjajah menyelamatkan diri melalui lorong-lorong sempit dan jika anda tertarik, anda dapat mencoba menarik pelatuk senjata yang dulu digunakan untuk perang diakhir acara tour dengan membayar sejumlah uang untuk rental senjata dan 10 buah peluru untuk membidik target sasaran.

Anda pun dapat mengunjungi patung Jesus dipinggir Pulau Vung Tau. Patung ini mirip dengan patung Jesus yang ada di Rio de Janeiro. Jadi kalau belum sempat mampir ke Brazil, ke Ho Chi Minh saja dulu😀

Jika anda menyukai koleksi prangko dan kartu ucapan, anda dapat mampir membeli benda-benda ini di kantor pos HCMC yang masih menggunakan gedung tua dengan desain indah. Di seberang kantor pos terdapat Notre-Dame Cathedral yang biasa digunakan sebagai spot foto. Jangan lewatkan kesempatan mengabadikan diri anda disini!