Ho Chi Minh: Ho Chi Minh Airport

Besar dan Sibuk, itulah bandara Tan Son Nhat yang berada didekat desa Tan Son Nhat, Vietnam. Bandara Internasional ini adalah bandara terbesar di Vietnam, dengan luas hingga 800 hektar, bandara ini mengalahkan besar bandara Hanoi yang memiliki luas 650 hektar.

Bandara Internasional Tan Son Nhat mampu melayani hingga 17 juta penumpang baik dalam maupun luar negeri dan terus melakukan pengembangan fasilitas demi tersedianya sarana yang memadai karena terus meningkatnya jumlah pengguna maskapai penerbangan dan turis yang datang ke kota Ho Chi Minh setiap tahun.

Salah satu wilayah populer yang dikunjungi wisatawan adalah District 1. Untuk mencapai kesana, anda dapat menggunakan bermacam cara. Jika anda sampai di Ho Chi Minh pada pagi hingga sore hari dan ingin menekan pengeluaran, anda dapat menggunakan bus non-AC No.152 yang akan mengantar anda ke Pham Ngu Lao St. District 1, dekat Ben Tanh Market, salah satu tempat belanja terkenal disini.

Letak bus ini ada disebelah kanan anda, sesaat setelah keluar dari bandara internasional. Jika anda tidak melihat bus itu disana, jalanlah ke arah terminal domestik. Jangan lupa untuk menukarkan mata uang dong di bandara. Ratenya cukup kompetitif jika dibandingkan dengan harga tukar di money changer di District 1 ataupun di bank. Harga bus No.152 3000 4000 dong (jan 2012) dan ada tambahan harga 4000 dong untuk tas bawaan yang besar.

Namun, bus ini hanya beroperasi hingga jam 6 sore, jadi jika anda sampai di Ho Chi Minh setelah jam 6, anda harus naik taksi menuju kota atau hotel tujuan anda. Taksi di Ho Chi Minh modelnya taksi tembak. Hanya ada dua perusahaan taksi dengan argo yang bisa anda percaya yaitu taksi VinaSun dan Mai Linh. Jangan lupa untuk memperhatikan detailnya, bukan VinaSum atau VinaSon atau Mai Lin.

Kedua taksi ini menggunakan argo yang benar dan untuk menuju ke District 1 biasanya anda perlu merogoh kocek sebesar 100-140 ribu dong.

Begini bentuk taksinya:

VinaSun dan Mailinh Taxi

Karena bandara Tan Son Nhat dibuat dengan kaca-kaca besar, maka momen menikmati sunset yang indah juga bisa didapatkan disini. Jika anda akan terbang pulang menggunakan pesawat dengan jadwal sore atau malam hari, tidak ada salahnya duduk-duduk menikmati sunset terlebih dahulu diruang tunggu bandara yang berada di ujung dari wilayah check-in counters.

Layaknya negara di Asia, ada banyak sekali persamaan yang bisa anda lihat antara Vietnam dengan Indonesia, namun demikian, liburan kesini tetap dapat menjadi salah satu alternatif destinasi yang menarik untuk dapat merasakan sejarah masa lalu Vietnam dan terutama merasakan keaslian kopi serta Pho, khas Vietnam ditempatnya langsung!

Nah, sudah siap menjelajah Ho Chi Minh?