Gunung Padang : Situs Megalitikum Terbesar di Asia Tenggara

Ini di Padang ya?

Yep, Mostly pada nanya, apakah situs ini berada di Kota Padang Sumatra Barat karena namanya “Gunung Padang”. Walaupun namanya Gunung Padang, sebenarnya situs ini berada di Cianjur. Jawa Barat. Indonesia. Ternyata selain beras Pandanwangi yang menjadi trademark kabupaten cianjur, wilayah ini juga terdapat situs megalitikum terbesar di Asia Tenggara loh. Hebat ya?

Wah kaya apa tuh bentuknya Travie sampe bisa menjadi terbesar se Asia Tenggara?

Jadi situs megalitikum ini berbentuk punden berundak yang dibangun dengan batuan vulkanik masif yang berbentuk persegi panjang. Bangunannya terdiri dari lima teras dengan ukuran berbeda beda. Batuan ini sama sekali belum mengalami sentuhan dengan tangan manusia. Luas bangunan diperkirakan sekitar 900 m2 dengan luas areal situs sendiri kurang lebih sekitar 3 ha. Menurut berita yang didapat Travie, situs ini menyerupai piramida dan lebih luas dari pada candi Borobudur.

Gunung padang 2

gunung padang

 

Lebih lanjut tentang situs ini, bentuk punden berundak ini mencerminkan tradisi megalitik (mega = besar ; lithos = batu) seperti banyak dijumpai di beberapa daerah di Jawa Barat. Situs gunung Padang terletak 59 Km dari Cianjur. Masyarakat Setempat meyakini bahwa situs ini adalah bukti upaya Prabu Siliwangi membangun Istana dalam semalam. Tetapi ia tidak dapat menyelesaikannya sehingga batu batuan yang tersisa berserakan diatas bukit yang kini dinamakan Gunung Padang. Padang sendiri artinya terang.

gunung padang 3

gunung padang 4

Keren bangettt Travie, gimana caranya kesana? KASIH TAU!

Kasih tau ga yaa~ mau tau banget emang caranya? Ayo tarik napas dulu. HUMP! Lanjut🙂

Situs gunung Padang ini berada di desa Karyamukti. Kecamatan Campaka. Kabupaten Cianjur. Untuk mencapai situs tersebut, ada dua rute perjalanan yang mudah ditempuh menggunakan motor maupun mobil yaitu melalui Pal Dua dan Tegal Sereh. Kalau lewat jalur Pal Dua, akan melewati jalan raya Cianjur – Sukabumi. Dari desa Warungkondang berbeloklah ke kanan menuju Cipadang – Cibokor – Lapegan – Pal Dua – Ciwangin – Cimanggu dan Gunung Padang.

Kalau lewat Tegal Sereh rute jalan yang dilalui adalah jalan raya Cianjur – Sukabumi dari Sukaraja belok ke kiri Cireungas – Cibanteng – Rawabesar – Sukamukti – Cipanggulaan – Gunung Padang.

Situs ini dapat ditempuh 1,5 jam atau 45 Km dari Cianjur. Dari Jakarta 165 Km dan dari Bandung 110 Km. Selama perjalanan, jangan heran kalau melewati jalanan yang naik turun dan tidak mulus. Jadi selalu waspada dan berhati hati dalam berkendara.

Mau ke Gunung Padang Bareng Travelinary? Follow twitter @travelinary, mention ke kita. Dan Nantikan trip barengnya :) 

mau backpacker bareng ke SINGAPORE? Berkeliling Singapore sampai maen ke Universal Studio Singapore Seharian? klik disini Jadwal Backpacking