Transportasi Umum di Singapura: MRT dan Bis

Jika anda ingin menghemat ongkos bepergian ke Singapura, tidak ada salahnya mencoba sistem transportasi disana. Karena transportasi yang tersedia sudah terintegrasi satu sama lain sehingga anda dapat dengan mudah berpindah dari satu jalur kereta ke jalur kereta yang lain dengan bantuan peta yang terpampang ditiap stasiun.

Meskipun ongkos kereta, atau yang biasa disebut MRT, dan bis disana dapat dibayar langsung secara tunai, namun akan lebih baik jika anda memiliki kartu sakti bernama EZ-Link karena dengan kartu ini anda dapat lebih menghemat ongkos perjalanan dibandingkan membayar tunai. Saat anda akan pulang, anda dapat menukarkan kartu EZ-Link untuk mendapatkan kembali saldo yang tersisa atau dapat juga disimpan sebagai investasi karena kartu ini berlaku hingga 5 tahun dari tanggal awal pembelian.

Dibawah ini adalah foto MRT Singapura yang Travelinary ambil dari sini karena setelah mengaduk-aduk dokumen, yang bisa saya temukan adalah foto-foto narsis didalam transportasi umum Singapura yang tidak layak saji :hammer:

Tidak perlu takut tersasar saat memilih berkendara dengan transportasi umum di Singapura. Jika anda lihat peta Singapura, stasiun-stasiun MRT mampu meraih tempat-tempat wisata yang populer untuk dikunjungi demikian pula dengan halte bis. Pada tiap stasiun anda akan menemukan peta wilayah yang dekat dengan Stasiun tempat anda turun dari MRT sementara di halte bis anda akan menemukan papan informasi bis nomor berapa saja yang melewati halte itu.

Ada beberapa peraturan yang tidak boleh anda lakukan yang berhubungan dengan transportasi umum di Singapura yaitu dilarang merokok dan dilarang makan dan minum baik di stasiun maupun didalam MRT/Bis. Anda juga perlu melihat tanda tempat duduk yang dikhususkan bagi orangtua, ibu hamil dan anak-anak, atau tempat khusus untuk para pengguna kursi roda.

Masyarakat Singapura juga memiliki etos kerja tinggi dimana mereka terus berpacu dengan waktu dalam menjalankan aktivitasnya. Saat anda melancong kesana, anda mungkin akan menyadari bahwa tangga jalan yang sudah cukup laju pun terkadang tidak cukup cepat bagi mereka. Karena itu, jangan lupa untuk tetap berada dilajur kiri saat anda menaiki tangga jalan agar ada cukup ruang tersedia bagi mereka yang ingin lebih cepat sampai ditujuan.

Nah,sudah siap melancong ke Singapura?