Petaling Street: Keriuhan Chinatown Ditengah Kota Kuala Lumpur

Highlights: Berbagai barang murah dari produk-produk designer ternama kualitas KW, Baju-baju “Korean Style”, masakan Cina yang enak hingga souvenir Malaysia dapat ditemukan dengan harga terjangkau.

Tips: Jika anda dapat berbahasa melayu, coba gunakan sebagai strategi menawar harga barang yang anda ingin beli.

Ada begitu banyak hal menarik jika kita berkunjung ke Chinatown, dimanapun letak wilayah ini berada. Chinatown terletak di Petaling Street, dengan lokasi yang cukup strategis berada diantara Stasiun Putra LRT Pasar Seni dan Tempat pemberhentian bus Pudu, anda akan melalui Jalan Besar Tun H.S. Lee untuk menemukan tempat ini. Pilihan lainnya, anda dapat menggunakan monorail dan berhenti di stasiun Maharajalela.

Ada banyak hotel yang menawarkan harga-harga menarik dan terjangkau. Jika anda tertarik untuk bergabung dan melihat lebih dekat kesibukan yang terjadi di Petaling Street setiap harinya, tidak ada salahnya anda mencoba menginap semalam disalah satu hotel tersebut.

Petaling Street ramai dengan para pedagang dan pembeli. Jam buka toko-toko tersebut dimulai dari pukul 10 pagi namun lebih banyak pedagang yang mulai berjualan disiang atau sore hari. Semakin sore jalanan ini akan semakin ramai, saking padatnya mobil tidak dapat masuk melalui jalan Petaling Street. Memang keramaian ini akan lebih hingar-bingar dan terasa saat pukul 5 sore hingga menjelang tengah malam.

 

Karena itu jika anda sampai di Kuala Lumpur pada sore atau malam hari dan memutuskan untuk menginap disalah satu hotel di daerah ini, jangan kaget jika anda harus turun didepan plang Petaling Street dan menggeret koper anda masuk kedalam hiruk-pikuk Chinatown dan mencari sendiri letak hotel anda berada. Ini akan menjadi salah satu sensasi tersendiri untuk merasakan keriuhan kehidupan di Chinatown.

Ada begitu banyak pilihan makanan yang terdapat di Petaling Street. Jika anda memiliki perut yang tahan banting dan tidak masalah dengan hukum halal, cobalah beberapa makanan Cina yang murah dan enak disini.

Yang menarik, ditengah-tengah kerumunan orang yang berjubel, anda dapat menemukan penjual water chestnut yang enak. Banyak orang yang lebih mengenalnya dengan nama kacang kenari. Kacang ini dijual dengan harga sekitar RM 6 untuk bungkusan 250 gr.

Water Chesnut Dengan Kulit

 

Anda juga dengan mudah dapat menemukan minimarket seven-eleven jika anda membutuhkan minuman atau snack pengganjal perut saat sibuk berbelanja. Pilihan lain yang tersedia selain minuman yang dapat kita temukan diminimarket adalah es air mata kucing yang berisi buah kelengkeng. Nama es itu sendiri berasal dari bentuk buah yang mirip mata kucing. Bukan sesuatu yang unik karena anda juga bisa menemukan es ini di Jakarta, tapi pastinya akan jadi sesuatu yang menyegarkan saat anda lelah berbelanja😀

Belanja di Chinatown membutuhkan tenaga dan waktu karena penuhnya jalanan dan banyaknya pilihan. Jangan lupa untuk menawar layaknya anda berbelanja di tanah abang karena penjual biasanya membuka harga amat tinggi bagi para pengunjung dari luar negeri. Karena itu jika anda dapat berbahasa melayu, anda dapat coba menggunakannya untuk mendapatkan harga lebih murah tanpa harus ngotot menawar. Biasanya pedagang akan lebih mudah menurunkan harga saat tahu pembelinya juga berbahasa melayu.

Karena barang-barang KW juga banyak terdapat di Jakarta, maka hal yang paling menarik disini adalah adanya ketersediaan souvenir-souvenir murah seperti kaos ataupun gantungan kunci yang bisa dijadikan oleh-oleh saat anda pulang. Meskipun harga souvenir-souvenir tersebut sudah terpampang tidak ada salahnya anda tetap menawar, apalagi jika anda membeli dalam jumlah agak banyak.