Travel Smart: Cara Menghindari Sakit Sebelum, Saat dan Setelah Bepergian

Liburan adalah saat yang paling ditunggu-tunggu, namun kadangkala atau bagi saya, seringkali, satu hari menjelang liburan adalah hari tersibuk sedunia dimana pekerjaan masih saja menumpuk sementara barang-barang belum siap di packing.

Ada beberapa hal penting yang perlu anda perhatikan sebelum, saat dan setelah bepergian untuk menghindari sakit:

1. Kenali tubuh anda sebaik-baiknya. Tenggorokan gatal, badan bentol-bentol, atau apapun tanda-tanda anda akan terserang sakit sebaiknya tidak diabaikan selama minimal seminggu sebelum berangkat berlibur.

2. Packing dari jauh-jauh hari. Cicillah barang-barang yang akan anda bawa berlibur dan jika perlu buat checklist barang yang akan dibawa dan tandai barang yang telah dimasukkan kedalam tas atau koper. Hal ini amat berguna untuk membantu anda tidur lebih nyenyak satu hari sebelum berangkat berlibur. Jangan remehkan hal ini terutama jika anda pergi pagi dan berpikir bahwa anda bisa tidur dalam kendaraan menuju tempat tujuan. Tentu tidak akan sama nyenyaknya dengan tidur diatas kasur kan?đŸ˜€

3. Minum vitamin C, bawa dalam tas perlengkapan anda jika perlu. Vitamin penting untuk menjaga tubuh kita tetap vit dan tidak langsung drop saat terserang virus, perubahan cuaca dan lelah beraktivitas.

4. Buat Itinerary kasar mengenai aktivitas yang akan anda jalankan selama berlibur dan usahakan untuk tetap meluangkan waktu anda untuk beristirahat dan tidur yang cukup. Tidur cukup menjaga tubuh tidak mudah drop, apalagi jika destinasi tujuan anda memiliki perbedaan waktu yang cukup signifikan.

5. Minum air putih. Jangan remehkan rasa haus, karena bisa saja berakibat fatal pada tubuh kita. Minum air putih dengan cukup menjaga tubuh kita dari dehidrasi dan menetralkan suhu tubuh saat terkena cuaca yang berbeda dari kota tempat kita tinggal. Hal ini berlaku tidak hanya untuk cuaca panas namun juga untuk cuaca dingin.

6. Usahakan berolahraga minimal 30 menit sehari. Olahraga membantu tubuh tetap bugar dan lebih dapat mencegah penyakit datang di waktu-waktu yang tidak diinginkan, terutama saat dan setelah liburan.

7. Bawa selalu obat-obatan saat anda berlibur. Kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi, dan mencegah lebih baik daripada panik dikemudian hari.

Saya selalu meluangkan satu hari waktu setelah bepergian untuk istirahat dan terutama, tidur dirumah. Hal ini saya lakukan untuk menetralisir syndrom setelah liburan dan membantu saya lebih fit juga meningkatkan mood saya menghadapi hari selanjutnya.

Bagaimana dengan travelinaryans?