Kuala Lumpur: Kota Tua dan Kota Baru di Malaysia

Highlights:

Nasi Lemak, Murtabak Daging Sapi, Tempat Belanja Elektronik yang cenderung murah dan Up-To-Date tersedia di Mall yang tersebar di banyak tempat.

 Tips: 

Bagi wanita, jangan lupa mengepak sepasang pakaian tertutup dan kerudung jika anda berencana mengunjungi masjid, karena berpakaian terbuka amat dianggap tidak sopan dan akan ditegur penjaga Masjid.

 

 
Kuala Lumpur, atau lebih dikenal dengan singkatan KL, merupakan kota terbesar di Malaysia dimana gedung-gedung pemerintahan banyak ditemui. Di kota ini, anda dapat dengan mudah menemukan etnis multi-kultural. Karena itu, tidak heran jika tempat-tempat peribadatan dan pilihan makanan menjadi atraksi menarik yang patut anda kunjungi dan coba.

Tempat wisata yang patut dikunjungi di kota tua Kuala Lumpur diantaranya adalah stasiun kereta api Kuala Lumpur, Masjid Jamek, dan gedung pemerintahan yang terletak dekat dataran merdeka, tempat berkumpulnya masyarakat untuk merayakan pesta kemerdekaan. Sedangkan kawasan kota baru Kuala Lumpur dapat dicapai dengan menggunakan bis ataupun kereta api MRT dan LRT.

Menara kembar Petronas atau Twin Tower, merupakan landmark yang sangat terkenal di kota ini, yang merupakan bagian dari atraksi wisata di kota baru Kuala Lumpur. Untuk menaikinya tidak diperlukan biaya masuk, namun anda perlu mengantri mendapatkan tiket yang dibagikan secara terbatas setiap harinya. Jam buka loket adalah pukul 8 pagi namun banyak turis yang rela mengantri sejak pukul 6 pagi untuk mendapatkan kesempatan melihat Kuala Lumpur dari ketinggian lantai 41 dan 42 gedung Twin Tower tersebut.

Jika anda berhasil mendapatkan tiket menuju ke skybridge, jangan kaget jika angin datang menerpa dan menggoyang anda. Karena tingginya kedua menara kembar, maka pembangunan jembatan memang tidak dipasang secara kaku pada kedua menara, dengan perhitungan terpaan angin yang terkadang datang.

Seperti layaknya kota-kota besar diberbagai belahan dunia, Kuala lumpur seringkali hanya dijadikan tempat persinggahan saja. Namun jika anda menyukai wisata berbelanja, anda tentu tidak akan melewatkan bukit bintang Kuala Lumpur. Tempat ini adalah surganya para penggila belanja karena sepanjang jalan bukit bintang, anda akan menemui berbagai macam toko dan mall besar, lengkap dengan penginapan dan tempat makan disekitarnya.

Tersedia dua bandara atau terminal keberangkatan dan kedatangan di Kuala Lumpur. Jika anda datang ke Kuala Lumpur dengan maskapai airasia, maka anda akan mendarat di Low Cost Carrier Terminal atau lebih dikenal dengan singkatan LCCT yang berada tidak jauh dari sirkuit Sepang, sementara maskapai lainnya mendarat di Kuala Lumpur International Airport (KLIA). Ada banyak pilihan untuk mencapai pusat kota yang berjarak sekitar 70 km dari Kuala Lumpur airport, diantaranya dengan menggunakan taksi, bis dan juga kereta. Ketersediaan alat transportasi yang telah berpadu dengan bandara memungkinkan perjalanan anda mengunjungi Kuala Lumpur akan jauh lebih mudah dan nyaman.